Sukses Berumah Tangga

Rumah TanggaMemiliki sebuah rumah tangga yang harmonis merupakan impian setiap orang. Bayangkan saja betapa samsaranya jika berada dalam situasi pernikahan yang tidak harmonis seumur hidup. Oleh karena itu, untuk menghindari perpisahan dalam sebuah pernikahan, setiap pasangan harus mengetahui cara menghadapi persoalan rumah tangga dan tips perkawinan agar tetap berjalan mulus.

Untuk membentuk rumah tangga yang langgeng, tips-tips menjaga kuatnya pernikahan antara lain ialah, dengan menjaga hubungan melalui komunikasi yang intensif. Pada dasarnya, komunikasi yang intensif merupakan strategi utama dalam menjaga keharmonisan rumah tangga. Komunikasi yang intensif akan senantiasa meminimalisir kesalahpahaman yang terjadi dalam sebuah pernikahan.

Tips selanjutnya ialah menciptakan ritual dalam rumah tangga secara konsisten, atau melakukan rutinitas-rutinitas kecil namun bermakna. Seperti halnya, saling mencium kening setelah bangun tidur, atau sebelum pergi tidur, menyiapkan minuman kesukaan pasangan setiap hari, atau kebiasaan-kebiasaan lain yang khas. Hal ini akan membuat hubungan pernikahan anda terasa lebih berwarna. Terbayang jika hubungan anda dan pasangan sedang merenggang akibat suatu hal, pasti keduanya akan ingat dan sangat rindu dengan ritual yang dilakukan setiap harinya. Paling tidak kerinduan akan hal-hal itulah yang dapat membuat hubungan rumah tangga anda mereda.

Strategi lain yang dapat dilakukan agar pernikahan sukses ialah, dengan memberikan kepercayaan sekaligus kebebasan kepada pasangan untuk menjalani kehidupan karier masing-masing. Kepercayaan dan kebebasan yang diberikan tentu harus disertai pemupukan tanggung jawab antar keduanya. Peringatan tentang beban resiko yang akan dipikul ketika melakukan kesalahan. Dengan begitu, pernikahan akan menjadi ruang saling berbagi, tentang rasa, hidup, dan masa depan. Bukan ruang sel berukuran lima kali lima meter persegi yang hanya berisi kekecewaan, penyesalan dan kebohongan berantai.

Pernikahan sehat yang sukses akan terjalin ketika hubungan rumah tangga berjalan secara natural tanpa beban di salah satu pihak, tanpa pula kepura-puraan atau ketidaknyamanan satu sama lain. Oleh karena itu, memahami perbedaan satu dengan yang lainnya merupakan cara tepat untuk mengurangi masalah dalam rumah tangga. Banyak orang bilang, tidak pernah ada pasangan yang klop satu sama lain, yang ada hanya pasangan yang berhasil mencocokkan berbagai perbedaan di antara keduanya. Pada prinsipnya, pernikahan merupakan sarana pendewasaan diri setiap manusia dengan mengenal pribadi lain, memahaminya, kemudian mentolerir perilaku-perilaku yang tidak sesuai dengan dirinya. Jika prosesnya berjalan mulus, dengan begitu, pernikahan sukses akan hadir di depan mata.

Pencarian Terpopuler:

kiat sukses berumah tangga, sukses berumah tangga.

Posted in Rumah Tangga on Oct 25, 2010 No Comments »

Leave a Reply