Pidato Terbaik Untuk Pernikahan

Sebagai ungkapan rasa syukur atas hari bahagia dalam rangkaian pernikahan biasanya sebagai tuan rumah kita akan menyampaikan pidato. Jauh hari sebelum pelaksanaan resepsi pernikahan ini tidak ada salahnya jika kita banyak membaca contoh-contoh pidato. Tujuan dari membaca contoh-contoh pidato ini tidak lain dan tidak bukan agar persiapan dalam pidato penikahan nantinya menjadi sempurna.

Membuat pidato yang baik serta menyampaikannya secara baik sudah mulai dapat dirancang jauh hari pula. Nah, bagaimana untuk dapat membuat pidato terbaik yang akan dibacakan pada hari bahagia kita?

  1. Unsur pidato mesti terpenuhi. Agar pidato ini menjadi hal yang berkesan dalam rangkaian hari bahagia, maka unsur pidato mesti terkandung dalam pidato yang akan dibacakan. Unsur penting tersebut diantaranya adalah ucapan syukur atas dapat terlaksananya resepsi pernikahan, kata pembuka yang menarik dan juga ucapan penghargaan atas pihak-pihak yang turut serta melaksanakan penyelenggaraan resepsi. Unsur-unsur ini haruslah tertulis dalam teks pidato yang akan dibacakan nanti. Dalam unsur pertama ini biasanya kita akan memberikan ucapan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas limpahan rahmat pada penyelenggaraan resepsi. Sementara untuk unsur kedua (kata pembuka yang menarik) bisa berupa pantun. Untuk unsur ketiga ini penyampaian ungkapan penghargaan untuk tamu maupun panitia penyelenggaraan.
  2. Gunakan bahasa sesuai dengan tema acara. Jika pernikahan yang Anda pilih menggunakan pernikahan dengan tema tradisional, maka akan lebih baik jika teks pidato yang digunakan menggunakan bahasa adat maupun bahasa daerah yang diusung. Hal ini untuk lebih mendekatkan dengan tamu undangan yang hadir. Namun jika Anda memilih menggunakan tema modern, tidak menjadi masalah jika bahasa yang digunakan adalah bahasa Indonesia.
  3. Singkat dan padat. Hal ini sangat penting untuk diperhatikan, bahwa pidato yang akan disampaikan ini haruslah singkat dan juga padat. Karena itulah dalam merancang teks pidato kita harus dapat memperkirakan berapa waktu yang akan dihabiskan untuk membacakan sebuah pidato. Jika pidato yang akan disampaikan ini terlalu panjang, maka akan membuat tamu yang hadir menjadi bosan.

Pencarian Terpopuler:

pidato pernikahan, pidato perkawinan, contoh pidato pernikahan, pidato tentang pernikahan, pidato pernikahan bahasa indonesia.

Posted in Resepsi Pernikahan on Jun 22, 2011 No Comments »

Leave a Reply