Bagaimana Mengatasi Ibu Mertua yang Membenci Anda?

ibu mertuaMenikah dan memiliki mertua memang menjadi hal yang tak terpisahkan dalam pernikahan. Memiliki mertua menjadi suatu konsekuensi yang tak bisa dihindari ketika Anda menikah. Namun masalah datang ketika memiliki ibu mertua yang membenci Anda. Percayalah bahwa dengan kelembutan dan kesabaran, Anda pasti bisa mengatasi ibu mertua. Bagaimanapun, mertua adalah orang tua kita sendiri. Seperti halnya Anda mencintai pasangan, maka Anda juga harus mencintai orang tuanya.

Untuk dapat mengatasi ibu mertua, setidaknya Anda perlu mencari tahu kira-kira mengapa ibu mertua membenci Anda. Anda bisa bertanya kepada suami atau jika dekat dengan bapak mertua, Anda bisa juga bertanya kepadanya. Banyak kemungkinan alasan ibu mertua Anda, namun jika tahu penyebabnya akan lebih mudah untuk mengatasi ibu mertua. Mungkin bisa karena ibu mertua cemburu pada Anda atau membenci salah satu sikap Anda dan banyak lagi.

Hal yang paling penting untuk Anda lakukan adalah tetap bersikap dewasa sebagai menantu. Anda tidak perlu ikut membenci ibu mertua. Belajar memahami dan menerima keadaan ini. Bagaimanapun, ibu mertua adalah seorang ibu yang telah dengan tulus ikhlas membesarkan dan menyayangi suami Anda. Bersikap dewasa sebagai menantu menuntut Anda harus bisa memposisikan diri dengan baik sebagai istri bagi suami Anda, ibu bagi anak Anda dan pada akhirnya ibu mertua akan melihat kalau Anda adalah menantu yang baik.

Beri perhatian untuk ibu mertua agar dia merasa bahwa Anda menyayanginya. Beri perhatian untuk ibu mertua seperti Anda memberi perhatian untuk orang tua Anda sendiri. Anda bisa memberikan makanan, pakaian, menanyakan kabar, mengajak makan maupun berlibur bersama dan masih banyak hal lainnya. Yang terpenting dalam bersikap dewasa sebagai menantu adalah Anda tulus dan berniat baik melakukan hal yang baik untuk ibu mertua dan tidak terlalu memikirkan tentang sikapnya nanti. Apakah ibu mertua akan bersikap baik atau tetap membenci Anda, itu adalah urusan ibu mertua Anda sendiri, yang penting niat Anda baik.

Selain itu, Anda bisa melibatkan orang yang terdekat dengan sang mertua. Anda bisa bertanya kepada mereka apa yang disukai dan tidak disukai oleh ibu mertua Anda. Anda bisa mencurahkan hati kepada mereka yang tentunya Anda percaya. Tatkala Anda juga bersikap baik pada orang-orang terdekatnya, mereka dapat menjadi pendukung dan membantu Anda untuk mengatasi ibu mertua yang membenci Anda.

Pencarian Terpopuler:

bagaimana menghadapi mertua yang membenci kita, mertua cemburu pada menantu, alasan mertua benci kpd menantunya, menikah tidak disukai mertua, Menyikapi ibu yang membenci anaknya.

Posted in Cinta Keluarga, Pernikahan Sehat on Jan 29, 2011 2 Comments »

2 Responses to "Bagaimana Mengatasi Ibu Mertua yang Membenci Anda?"

  1. Emilia says:

    Sy dapati ibu mertua sy begitu tidak serasi dgn sy, dia tak suka dgn semua pendapat saya. Dia macam cemburu Dan tak suka Suami saya manjakan sy. Kalo boleh dia mahu Suami sy luangkan lebih masa utk dia berbanding sy & anak2? Apa yg boleh sy buat selain dr mengalah…..

  2. Admin says:

    Problem ini banyak dialami oleh keluarga, mertua perempuan memang suka cemburu, kenapa? karena pengaruh usia yang sudah tua, sikapnya kembali seperti anak-anak lagi, yang perlu dilakukan hanya mencoba mengerti dan memahami bahwa sifatnya tersebut seperti anak kecil, dan Anda sebagai Orang dewasa kembali diminta mengasuh “anak kecil” namun sudah tua.

Leave a Reply