Belajar Melawan Dan Mengatasi Perceraian Dan Depresi

Banyak orang menghindari perceraian karena memang perceraian itu sendiri memberikan tekanan psikis yang cukup tinggi kepada orang tersebut. Oleh karena itu banyak pendapat yang mengatakan, atasi perceraian adalah lebih baik daripada memutuskan untuk bercerai. Namun bila sudah sedemikian tidak ada kecocokkan dalam pendapat dan visi kedepan dalam membina keluarga, maka perceraian itu haruslah merupakan jalan terakhir yang ditempuh.

Tidak jarang orang yang bercerai mungkin akan tampak murung, pikirannya seolah-olah selalu terhanyut dalam memikirkan perceraian tersebut. Mungkin juga akan mengganggu kualitas tidurnya, sehingga orang tersebut mungkin akan jatuh sakit. Jika sudah sedemikian akut kemurungan yang menghinggapi orang tersebut, maka orang tersebut mungkin akan jatuh ke dalam depresi hebat. Orang tersebut bisa mengalami penurunan gairah hidup, bahkan untuk bekerja mencari nafkah pun mungkin akan dilakukannya dengan ogah-ogahan. Semangatnya seolah-olah terbang hilang entah kemana. Begitulah beberapa gambaran orang yang mengalami depresi hebat pasca perceraiannya.

Banyak pendapat mengatakan lawan perceraian itu sebisa mungkin. Jangan pernah menjadikan ia sebagai kawan bagi hidup kita. Namun perlulah kita menyadari bahwa hidup kita masing-masing haruslah memiliki sesuatu yang berharga. Hidup kita tidak mungkin berhenti saat perceraian itu terjadi. Kita harus melanjutkan hidup kita. Mungkin perceraian itu dapat kita jadikan pelajaran berharga bagi kita untuk mengarungi hidup kita selanjutnya. Jadikan perceraian itu sebagai momen bagi kita berinstropeksi mengapa hal tersebut terjadi pada kita.

Bila karena perkawinan yang telah dilakukan karena ketergesa-gesaan, maka perbaikilah dan hindarilah di masa mendatang jika kita harus menikah kembali. Atau mungkin kita terlalu mudah mempercayai pasangan hidup, sehingga kita dibutakan oleh hal-hal yang hanya tampak di mata kita. Nah, mungkin kita harus instropeksi dan mengingat wejangan orang-orang tua dulu, jangan hanya melihat dari fisik saja, namun lihatlah hal-hal lain diluar itu yang sangat penting pula harus dimiliki pasangan hidup kita. Perbaikilah cara-cara yang salah yang telah dilakukan, supaya perkawinan selanjutnya menjadi lebih baik. Segala hal-hal tersebut merupakan cara mengatasi depresi akibat perceraian yang baik. Jadi janganlah terhanyut oleh cara-cara negatif yang tidak baik bagi hidup kita sendiri.

Pencarian Terpopuler:

langkah mengatasi penceraian, cara mengatasi perceraian, cara mengatasi cerai, cara mengatasi penceraian, langkah mengatasi cerai.

Posted in Perceraian on Jun 10, 2011 No Comments »

Leave a Reply