Tetap Menikah atau Bercerai?

Pernikahan sebuah hal yang menurut sebagian besar orang merupakan sebuah hal sakral sehingga setiap orang yang menikah berharap hanya melakukannya sekali dalam seumur hidupnya. Saat menikah setiap pasangan bersumpah untuk sehidup semati walaupun dalam keadaan susah maupun senang. Sehingga setiap pasangan berusaha untuk saling selalu setia dan menjaga hati untuk tetap selalu saling mencintai satu sama lain.

Tentang PernikahanNamun seiring berjalannya waktu terkadang timbul riak-riak dan goncangan masalah tentang pernikahan. Biasanya saat masalah ini timbul dan kalau setiap pasangan tidak bisa menyikapi dengan kepala dingin bisa berujung pada perceraian. Tentang perceraian, sebagian besar muncul akibat hilangnya rasa percaya pada pasangan sehingga muncul perselingkuhan bisa juga faktor yang lain misalnya perlakuan suami yang sering melakukan kekerasan dalam rumah tangga.

Dalam kondisi yang dilematis diantara dua pilihan yang berat yaitu antara tetap mempertahankan pernikahan atau tetap melakukan perceraian maka hendaknya masing- masing diri hendaknya saling instropeksi diri dan mempertimbangkan opsi terbaik yang akan diambil guna melanjutkan kehidupan yang lebih baik. Jika tetap memilih opsi perceraian karena jalan ini merupakan jalan yang terbaik maka perlu memperhatikan masa depan kelak anak-anak jangan sampai anak-anak menjadi korban dari perceraian orang tua.

Dan sebagai tambahan juga bila faktor adanya kekerasan rumah tangga yang biasanya dilakukan oleh suami, yang melandasi perceraian hendaknya jika sang suami merasa bersalah dan bertobat tidak akan mengulangi lagi serta sang istri bersedia memaafkan ,seandainya masih dimungkinkan untuk bersatu karena masing-masing pihak bisa bersikap kepala dingin dan bisa saling memaafkan serta bersedia membuka lembaran baru yang lebih baik maka pilihan ini jauh lebih baikdan lebih mulia.

Bukankah dulu saat pernikahan telah bersumpah setia sehidup semati dan disaat inilah saat yang tepat membuktikan sumpah tersebut. Maka dapat disimpulkan apapun kondisinya jika pernikahan itu masih bisa diselamatkan maka kata perceraian haram hukumnya untuk dikatakan apalagi dilaksanakan.

Posted in Menjaga Pernikahan, Perceraian on Apr 23, 2014 No Comments »

Leave a Reply