Menyelamatkan Pernikahan

Menyelamatkan PernikahanApakah saat ini pernikahan Anda sedang dilanda masalah? Pernikahan memang menjadi hal yang tidak terlepas dari permasalahan karena menyatukan dua pribadi dan dua keluarga yang berbeda. Namun, jangan takut dan putus asa lalu bercerai, selalu ada jalan keluar bagi setiap masalah dan akhirnya Anda bisa menyelamatkan pernikahan Anda.

Menyelamatkan pernikahan harus dimulai dari diri sendiri terlebih dulu, Anda dan pasangan. Anda berdua harus melakukan introspeksi diri, mencari tahu apa yang sebenarnya Anda inginkan dan butuhkan. Masing-masing pihak bisa introspeksi diri dengan menyadari apa yang telah terjadi, apa yang telah dilakukan dan berpikir secara bijak dan dewasa. Masa introspeksi diri sangat penting karena di masa inilah, Anda bisa lebih tenang dan berpikir lebih dingin.

Setelah melakukan introspeksi diri, Anda dan pasangan wajib untuk melakukan komunikasi, membicarakan apa yang telah Anda rasa dan dapatkan selama masa introspeksi diri itu. Dalam komunikasi, Anda dan pasangan harus terlebih dulu membuka hati dan memang berniat untuk menjadi pendengar yang baik. Dalam komunikasi, Anda dan pasangan bisa mengeluarkan beban pikiran namun juga bersedia mendengarkan beban pasangan sehingga dapat lebih saling memahami, dan sekaligus membicarakan jalan keluar untuk menyelamatkan pernikahan.

Namun jika komunikasi berdua ternyata tidak menemukan jalan keluar maka Anda bisa meminta bantuan pihak ketiga misalnya berkonsultasi dengan ahli pernikahan, menjelajahi dunia artikel, pemuka agama atau konsultasi psikiater. Konsultasi dengan psikiater misalnya, selain bisa menjadi pihak yang dapat bersikap objektif karena psikiater berada di luar lingkaran pernikahan Anda sehingga, psikiater juga adalah ahli dalam menangani problema yang melibatkan hubungan antar manusia. Anda berdua bisa duduk bersama dalam konsultasi dengan psikiater. Psikiater akan dapat menjadi media penengah untuk menjembatani kepentingan Anda dan pasangan.

Jadi banyak hal yang dapat dilakukan untuk menyelamatkan pernikahan. Namun, sebaiknya Anda menyelesaikannya secara berdua terlebih dulu. Anda dan pasangan harus ingat akan masa indah yang telah kalian lalui dan janji komitmen saat pesta pernikahan dulu. Komitmen pernikahan adalah komitmen dan keputusan hidup yang telah Anda dan pasangan ambil sehingga harus siap juga untuk menghadapi segala konsekuensi di dalamnya.

Pencarian Terpopuler:

psikolog perkawinan, psikolog perkawinan di jakarta, psikiater perkawinan, psikiater pernikahan, psikolog perkawinan jakarta.

Posted in Menjaga Pernikahan, Perceraian on Nov 06, 2010 4 Comments »

4 Responses to "Menyelamatkan Pernikahan"

  1. yuli says:

    kalo saya ingin mengunjungi psikiater kira kira dpt menghubungi siapa yah? krn sy tidak tau harus ketemu psikiater mana ………. sy sepertinya uda ga mampu di perkawinan ini lg … thx

  2. lie-ya says:

    dimana saya harus mengkonsultasikannya dan dengan psikiater mana? mohon jawabannya.

  3. nandar says:

    Mohon info kalo ada referensi psikiater/psikolog perkawinan di jakarta atau bandung. Beserta range tarifnya.

  4. Triyanto says:

    Mohon saya diberikan info kalo ada referensi psikiater/psikolog perkawinan di jakarta. Beserta range tarifnya. Trims

Leave a Reply