Membuat Keputusan Bersama

membuat keputusan bersamaDalam sebuah rumah tangga, ada banyak hal yang membutuhkan terciptanya sebuah keputusan bersama. Terkadang sesuatu hal yang terjadi pada suami akan berdampak pada istri sehingga sebaiknya dilakukan pengambilan keputusan bersama. Misalnya ketika suami mendapat tawaran pekerjaan di luar kota maka dibutuhkan musyawarah keluarga untuk mengambil keputusan. Karena setelah berumah tangga, keputusan individu dapat berdampak pada seluruh anggota keluarganya.

Di dalam rumah tangga juga akan muncul berbagai hal yang membutuhkan keputusan bersama. Misalnya, memutuskan sekolah untuk anak, memutuskan tujuan liburan, memutuskan pembagian waktu antara pekerjaan dan rumah,dan banyak hal lain. Setiap hal yang membutuhkan keputusan hendaknya didiskusikan bersama dengan baik. Awalilah dengan kepala dingin dan tidak boleh ada rasa menjadi yang paling benar. Bagaimanapun keputusan bersama akan lebih kuat untuk dijalani daripada keputusan individu saja. Dengan mengambil sebuah keputusan bersama, setiap anggota keluarga sudah mengetahui akan segala resiko yang mungkin terjadi sehingga bisa bersama-sama menghadapinya.

Membuat keputusan bersama dalam rumah tangga dapat dilakukan dengan berbagai cara. Salah satunya adalah dengan melakukan musyawarah keluarga. Musyawarah keluarga dilakukan seperti layaknya diskusi dan obrolan dalam keluarga. Di dalam musyawarah, setiap anggota keluarga duduk bersama dan mempunyai hak yang sama untuk mengeluarkan pendapat. Inilah gunanya musyawarah yakni untuk mengumpulkan berbagai pendapat dan penilaian dari berbagai kepala dan kemudian bersama-sama mengambil keputusan yang terbaik.

Musyawarah keluarga harus melibatkan semua anggota yang terkait agar tidak ada yang merasa diabaikan dan berlaku bagi semuanya. Di dalam musyawarah, setiap resiko, kemungkinan, untung dan rugi dari setiap keputusan dapat dibicarakan bersama. Hal ini akan membuka kesempatan untuk menemukan sebuah keputusan yang terbaik.

Jadikan musyawarah keluarga sebagai sebuah kebiasaan di dalam rumah tangga. Awalilah dari hal-hal yang kecil misalnya memutuskan siapa yang bertanggung jawab untuk membuang sampah. Hal ini akan membuat keluarga menjadi lebih demokratis. Anak-anak akan berkembang dengan lebih baik karena sudah mulai dilibatkan dalam mengambil keputusan dan dilatih untuk berani mengemukakan pendapatnya.

Best wordpress plugin.

Pencarian Terpopuler:

pernikahan beda agama, keputusan bersama dalam rumah tangga.

Posted in Menjaga Pernikahan on Sep 19, 2011 No Comments »

Leave a Reply