Membangun Kembali Kepercayaan

Kebahagian dan keharmonisan hubungan dalam rumah tangga adalah dambaan setiap keluarga. Hubungan yang harmonis tentu akan menciptakan sebuah keluarga bahagia. Kesibukan masing-masing dalam rumah tangga terkadang dapat membuat renggangnya sebuah hubungan. Bahkan, dapat menimbulkan masalah yang berujung pada rasa saling curiga dan tidak percaya antara rumah tangga. Akibatnya tujuan awal untuk membentuk sebuah keluarga bahagia tidak terlaksana.

Bagaimana cara membangun kepercayaan dalam rumah tangga? Berikut tipsnya:

  • Pertama, komunikasi adalah kuncinya. Dengan berkomunikasi akan timbul rasa pengertian satu sama lain. Berkomunikasilah untuk mencurahkan isi hati dan perasaan masing-masing.
  • Kedua, jika pernah terjadi perselingkuhan berusalah untuk melupakannya. Jadikanlah peristiwa tersebut sebagai masa lalu, tetaplah memandang masa depan. Jadikan hal tersebut sebagai pelajaran bagi masing-masing.
  • Ketiga, berusahalah untuk selalu terbuka dan jujur. Jujur terkadang menyakitkan, tapi menyembunyikannya justru akan menimbulkan masalah di kemudian hari.
  • Keempat, jagalah komitmen yang telah Anda buat bersama. Jika pernah terjadi hal yang kurang menyenangkan di masa lalu, Anda bersama pasangan bisa membuat komitmen bersama. Membuat komitmen adalah hal gampang, namun butuh ketegasan masing-masing pihak untuk melaksanakannya. Jangan sesekali melanggar komitmen yang telah Anda buat. Ingatlah kepercayaan dapat timbul dari tindakan nyata yang Anda lakukan atas komitmen yang telah Anda buat.
  • Kelima, jika Anda yang dikhianati oleh pasangan berusalah untuk memaafkan kesalahan pasangan Anda. Belajarlah untuk membuang rasa sakit pada diri Anda, cobalah untuk memaafkan kesalahan pasangan Anda. Anda harus menyadari tidak ada manusia yang sempurna. Hal ini Anda lakukan demi keutuhan rumah tangga Anda.
  • Keenam, ingatlah hal-hal terbaik yang pernah Anda lakukan bersama. Berdasarkan pengalaman banyak pasangan, ternyata mengingat kenangan terbaik dan hal indah yang pernah dilakukan bersama ampuh untuk menimbulkan kehangatan hubungan Anda dalam rumah tangga.
  • Terakhir, ingat anak-anak Anda. Mereka membutuhkan kasih sayang dari kedua orang tua mereka. Rasa saling curiga tentu akan menimbulkan pertengkaran, kondisi psikis anak-anak akan terganggu jika hal ini terjadi di hadapan mereka.

Pencarian Terpopuler:

halhal yang membuat hancurnaya rumah tangga, membangun kepercayaan dlm mmbngun rumah angga, kepercayaan dalam berumah tangga.

Posted in Menjaga Pernikahan, Perselingkuhan on Mar 13, 2011 No Comments »

Leave a Reply