Definisi Perceraian dalam Islam

Di dalam Islam, Rasulullah SAW pernah bersabda, “Tindakan halal tetapi paling dilaknat Allah adalah perceraian.” Ketika pernikahan tersebut membuat seseorang atau masing-masing pasangan yang menikah merasa tersiksa secara lahir dan bathin akibat sebuah ikatan bersama, maka dihalalkan bagi mereka untuk melakukan perpisahan rumah tangga. Secara harfiah, definisi perceraian adalah pemutusan terhadap ikatan pernikahan secara agama dan hukum.

Arti PerceraianNamun dalam Islam, arti perceraian tidaklah semudah pernikahan. Banyak tahap yang harus dilalui ketika perceraian benar-benar dilakukan. Dalam Al-Qur’an Surat Ath-Thalaq, yang dipergunakan sebagai Undang-Undang Perkawinan. Bahwa perceraian hanya akan terjadi ketika ada saksi dan melalui tiga tahap, yaitu talak 1, talak 2, dan kemudian talak 3.

Apabila, seorang suami sangat berang terhadap istrinya sehingga terlontar kata cerai, maka tidak akan terbersit cerai ketika tidak terdapat saksi diantara mereka pada saat terucap kata tersebut. Itupun berlaku ketika seorang suami tidak dalam kondisi yang tidak sadar, misalnya sangat marah dan sedang gelap mata sehingga berkata cerai di luar akal dan niat sehatnya, maka dianggap tidak akan terjadi perceraian.

Kehidupan manusia masa kini yang semakin modern dan maju telah mengikis kesakralan pernikahan. Sehingga perceraian atau pisah ranjang sangat mudah terjadi antara pasangan rumah tangga. Tidak ada usaha yang cukup berarti untuk terus mempertahankan mahligai rumah tangga yang telah dibangun. Butuh nasihat yang sempurna. Egosentris yang menyelimuti individu-individu modern telah menjadikan nilai agamis tidak lagi melebihi nilai duniawi.

Jadi, perceraian hanya dapat terjadi ketika kita menginginkan hal tersebut terjadi. Maka bagi Anda yang selalu ingin mempertahankan rumah tangga Anda. Jangan sekali-kali terbersit atau meniatkan diri untuk bercerai dengan pasangan rumah tangga Anda. Ingatlah! Setiap permasalahan pasti memiliki jalan keluarnya masing-masing.

Pencarian Terpopuler:

definisi perceraian, pengertian perceraian dalam islam, pengertian perceraian, perceraian dalam islam, definisi cerai.

Posted in Favorit, Perceraian, Pernikahan Sehat on Nov 21, 2010 2 Comments »

2 Responses to "Definisi Perceraian dalam Islam"

  1. Rarpre says:

    Great site. A lot of useful information here. I’m sending it to some friends!

  2. Jojok Soebijantjono says:

    Komunikasi, kunci agar tidak terjadi perceraian, tapi bisa dan maukah masing2 berkomunikasi? egoisme masing2 harus segera ditinggalkan dan harus memahami kondisi lawan pasangannya. Saling menghormati dan menghargai diperlukan dan kembali mengingat asal muasal menentukan komitmen menikah. Bisa? harus bisa.
    Saran : jika Anda dan pasangan, terpaksa saling berjauhan (lokasi kerja) gunakan flexi dengan ID di http://www.flexijuara.com agar hemat karena bicara gratis nonstop 24 jam tanpa pulsa berkurang. Terima kasih

Leave a Reply